04 November 2009

ADKUDAG (Administrasi Keuangan dan Perdagangan)

[ Download ]

Adkudag singkatan dari Administrasi Keuangan dan Perdagangan merupakan baterai tes bakat yang dirancang untuk inteligensi tingkat pendidikan minimal SMA karena dibuat untuk perekrutan karyawan di Dept. Keuangan dan Dept. Perdagangan.

Deskripsi Jabatan:Dept Keuangan : Melakukan tugas-tugas dalam proses pengembangan keuangan negara bagi perencanaan pembangunan dalam upaya perwujudan renstra, visi, dan misi negara
Dept. Perdagangan : Melakukan tugas-tugas dalam proses perdagangan aktif sebagai upaya pengembangan dan pengenalan produk dalam negri kepada dunia perdagangan bebas sehingga dapat mewujudkan renstra, visi, dan misi negara.

Kompetensi utama yang dibutuhkan dalam perekrutan kedua Departemen adalah:- Kemampuan mengambil keputusan
- Fleksibilitas berpikir
- Numerical reasoning
- Konsentrasi
- Ketelitian
- Analisa sintesa
- Logika berpikir

Deskripsi Tes:
Adkudag I

- Kemampuan bahasa
- kemampuan mengambil keputusan
- kemampuan berpikir fleksibel
- ketelitian
- konsentrasi
- daya tahan
- kemampuan menyesuaikan diri

Adkudag II dan III- Kemampuan berhitung
- Konsentrasi
- Ketelitian
- daya tahan
- kemampuan analisa sintesa

Adkudag IV- Memiliki keluasan pengetahuan
- kemampuan analisa
- judgement
- logika berpikir

INSTRUKSI

Pendahuluan
(Gunakan kata-kata pendahuluan dan perkenalan seperti dalam Psikodiagnostik I).

ADKUDAG I
Pada tes ini terdapat 150 pasang kata (tunjukkan/balik lembar per lembar dan beritahu pada testee mana ke-150 pasang kata tersebut). Tugas Saudara adalah mencari mana dari ke-150 pasang kata ini yang memiliki persamaan ataupun perbedaan. Bila terdapat persamaan antara satu kata dengan pasangannya, beri tanda O dan tulis di sini (tunjukkan di mana harus ditulis jawabannya). Tapi bila terdapat perbedaan antara satu kata dengan pasangannya, beri tanda X. Apakah ada pertanyaan? Bila tidak ada, mari kita mulai!

ADKUDAG II
Pada tes ini terdapat soal hitungan sederhana. Ada soal penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Tugas Saudara kali ini adalah menghitung dan mencari jawabannya. Beri tanda silang pada jawaban yang benar, seperti ini (tunjukkan dan beri tahu bagaimana harus memperbaiki kesalahan serta tempat menghitung). Apakah ada pertanyaan? Bila tidak ada, mari kita mulai!

ADKUDAG III
Pada tes ini terdapat soal hitungan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Tugas Saudara kali ini pun adalah menghitung. Tuliskan jawaban Saudara di sini (tunjukkan tempat menuliskan jawaban). Apakah ada pertanyaan? Bila tidak ada, mari kita mulai!

ADKUDAG IV
Pada tes ini terdapat 40 uraian anggaran (tunjukkan mana ke-40 soal tersebut). Pada bagian ini (bagian atas) terdapat delapan kelompok anggaran, a, b, c, d, e, f, g, dan h. Tugas saudara adalah mengelompokkan ke-40 uraian tersebut ke dalam delapan kelompok anggaran. Jawaban Saudara diletakkan di sini (tunjukkan) dalam bentuk hurufnya saja dengan jelas (arti jelas di sini misalnya penulisan huruf a dan d harus dibedakan agar tidak keliru membacanya). Apakah ada pertanyaan? Bila tidak ada, mari kita mulai!

[ Download ]